Social Icons

Icon Icon

Friday, February 21, 2014

Membangun Jaringan Peer to Peer

Langkah-langkah membangun Jaringan
Peer to Peer / PC to PC



-Pada PC 1 saya menggunakan OS Widows 8
-Pada PC 2 saya menggunakan OS Windows XP


Berikut Langkah langkahnya :


1.Langkah pertama yaitu hubungkan kedua Komputer/PC dengan kabel LAN

2.PC 1 : klik kanan ikon signal/pc pada pojok kanan bawah dan pilih “Open Network and Sharing Center”
PC 2 : klik kanan pada Start, kemudian Explore, cari dan klik Control panel, lalu klik Network Connections


3.PC 1 : klik “Ethernet”
   PC 2 : klik “Local Area Connection”

4.Kemudian klik “Properties” di kedua PC


5.PC 1 : cari “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”, dan klik Properties
PC 2 : centang “Show icon …… “ untuk member tanda jika jaringan berhasil tersambung (setelah di close akan muncul pemberitahuan di pojok kanan bawah). Kemudian  cari “Internet Protocol (TCP/IP)” , dan klik Properties


6.Pilih “Use the Following IP addres” untuk menentukan alamat IP kita sendiri. Kemudian isi dengan IP kelas C, yang paling akhir terserah anda antara 1-126. Contohnya saya menggunakan 10.19 & 10.18


7.Untuk mengecek jaringan terhubung/tidak gunakan Cmd/Command Prompt dengan menuliskan perintah “Ping” dan alamat IP PC yang tadi anda setting. Jaringan berhasil terhubung apabila muncul tulisan “Reply from…….” , Misalnya seperti contoh di atas. Jika tidak muncul tulisan “Reply from…..” kemungkinan IP yang dimasukkan salah / kabel tidak terpasang dengan baik.


8. Setelah itu, pada PC 1 buat sebuah HomeGroup untuk menampung jaringan PC LAN peer to peer. Langkah-langkahnya bisa dilihat pada gambar.


9. Selanjutnya anda tingal mengklik Next,Next saja sampai pada proses berikut.
gambar ini adalah password yang diberikan untuk PC lain agar dapat bergabung dengan jaringan grup anda

.

10.Agar lebih memudahkan PC lain untuk join, maka tidak usah menggunakan password. Caranya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


11.Jangan lupa untuk mematikan “FireWall” pada kedua PC. Jika ingin mengirm data pada pc jika firewall aktif maka data tidak bisa dengan mudah masuk ke jaringan LAN. Firewall ini terletak pada Control Panel.



12.Kemudian kita lihat apakah PC kita sudah terhubung satu sama lain. Kita klik Network Pada PC 1, lalu di PC 2 kita klik My Network Places.

13.Jika proses dari langkah langkah diatas benar maka akan muncul gambar seperti dibawah ini ( gambar dari PC 1). Di PC 2 juga sama akan muncul 2 komputer seperti gambar #maaf SS-ketinggalan XD.

 Selesaiii…..


Cara mengirim folder pada jaringan :


1.Kita pilih file yang ingin di kirim.



2.Klik kanan dan pilih Share with, kemudian pilih HomeGroup. Disana ada 2 pilihan yaitu (view) & (view and edit). Sudah jelas bahwa perbedaannya adalah jika kita mengklik view maka PC lain hanya bisa melihat isi file saja di dalam folder tersebut. Jika kita mengklik view and edit maka komputer lain dapat meng-edit isi folder/file didalamnya.
  
3.Untuk mengecek apakah file tersebut sudah masuk ke dalam jaringan, kita dapat meliatnya di PC 1 maupun PC 2. Caranya seperti gambar di bawah ini…..

No comments:

Post a Comment