Social Icons

Icon Icon

Tuesday, September 10, 2013

Pengertian dan Sejarah Ms. Word


A. PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.



B. Sejarah Microsoft Word

Awal Kemunculan Microsoft Word
Dalam Sejarahnya, Microsoft Word adalah produk unggulan dari Microsoft office, dan telah menjadi salah satu pilar keberhasilanMicrosoft dalam kedua perangkat lunak sector bisnis mmaupun non bisnis. Versi pertama perangkat lunak ini dikembangkan pada tahun 1981 dengan nama yang berbeda seperti sekarang. Merk pertama dari produk ini lahir pada tahun 1983 ketika Microsoft diproduksi Multi-tool word untuk Xenix (salah satu turunan UNIX). Pada tahun 1983 Versi Pertama dari Word Untuk Sistem operasi disk (DOS)dirilis. Dalam versi ini, program ini dibangun dengan filosofi “apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan,” menjanjikan kepada pengguna kalau apa yang muncul pada layar akan sama dengan yang muncul di media cetak. Versi baru segera dikembangkan untuk MS-DOS, Apple Macintos dan system operasi yang popular pada masa itu.

Sejarah Microsoft Word Dekade 1990-an
Pada akhir Dekade 80-an, Versi Grafis pertama dari Microsoft Word dirilis untuk windows 3.0 sekaligus sebagai pembuka babak baru era perangkat lunakpengolahan kata. Waktu itu harganya cukup mahal sekitar $500, versi ini jauh lebih mudah dioperasikan oleh pengguna. Hal ini membuat produk ini bias merajai pasar dan mengalahkan pesaing utama mereka yaitu corel WordPerfect. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan corel merilis wordperfect untuk windows. Pada tahun 1993, word 6.0 dirilis untuk windows dan berhasil memukul pasar. Perusahaan Memilih penomoran secaraurut dengsn Word 6.0 sehingga akan cocok dengan urutan penomoran dari versi DOS asli. Pada tahun 1995 Microsoft menciptakan Office suite yang didalamnya termasuk word 7.0 yang kemudian berganti nama menjadi word 95. Dilmulailah tren penamaan perangkat lunak yang awalnya menggunakan angka untuk penamaan versinya menjadi penggunaan tahun.  Seperti Word 97 dan word 2000 yang dirilis pada tahun 1997 dan 1999. Ms.word 97 dan 2000 seolah menjadi bukti kesuksesan Microsoft dalam bisnis perangkat lunak pengolah kata. Pada saat itu ia tidak memiliki pesaing yang signifikan.

Sejarah Microsoft Dekade 2000-an
Sejak awal abad ke-21 , aplikasi Microsoft word telah ditingkatkan dan dirilis dalam empat versi. Word 2002 juga dikenal sebagai Word XP karena label office XP – Word 2003, Word 2007, dan Word 2010. Dengan diperkenalkannya Word 2007, program ini menerima facelift besar yang benar-benar mengubah user interface. Beberapa aplikasi canggih juga mulai dengan word 2007, termasuk Extensible Markup Language (XML) kemampuan mengedit dan tata bahasa dan periksa bacaan dalam bahasa asing.

Sejarah Microsoft Word 2010
Dirilis pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks, kemampuan kolaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Word 2010  memungkinkan pengguna untuk membuat eye-catching konten teks melalui beberapa efek, termasuk gradient mengisi dan refleksi. Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak pertama yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mengakses, menulis dan mengedit dokumen yang sama dari berbagai lokasi. Word 2010 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menelusuri isi dokumen itu dari satu jendela search, menghemat waktu dan usaha karena harus menyaring konten yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan.

C.Cara mengaktifkan Microsoft Word
Berikut cara mengaktifkan/menjalankan Microsoft Word yang saya ketahui :
1. Klik Start pada taksbar
   klik start --> klik all programs --> klik microsoft office --> klik Ms.Word
2. Klik 2x pada dekstop

3. Klik menu Start pada taksbar
    klik search --> tulis Microsoft word --> lalu klik 2x

Sekian Dulu Post kali ini, kalau mau yang lebih lengkap tunggu post selanjutnya..... 

No comments:

Post a Comment